Posted by: djarotpurbadi | April 20, 2009

Museum dan Perpustakaan di KP, mungkinkah ?

Dear All,

Dari berita di media kita mendengar bahwa museum di KP memprihatinkan, bahkan banyak warga masyarakat yang tidak mengetahui bahwa KP punya museum. Museum jelas penting bagi pendidikan generasi agar menjadi insan yang sadar sejarah, sebab kesadaran sejarah adalah fondasi bagi kemajuan bangsa yang berjiwa besar. Jelas museum penting, persoalannya bagaimana museum bisa menjadi magnet, minimal memiliki daya tarik agar anakanak dan siapapun senang dan teredukasi ketika datang ke museum.

Pada sisi yang lain, kita juga mendengar bahwa minat membaca di KP adalah paling rendah di seluruh DIY. Saya prihatin hal itu, tetapi kita juga tahu banyak warga KP yang terdidik malahan merantau ke luar daerah bahkan ke mancanegara. Masalahnya bukan disini. Masalahnya adalah bagaimana generasi muda KP masa depan dapat berkembang dengan ideal, cerdas dan bermartabat.

Sekolah di kota Yogya dengan cara menglaju atau mondok mungkin tidak masalah, tetapi masalahnya kenapa di KP sendiri tidak (belum) tersedia fasilitas pendidikan yang berkualitas dan mudah diakses warganya ? Apakah fasilitas pendidikan berkualitas hanya tersedia di luar KP ??? Apakah akan begini terus dalam sekian puluh tahun ke depan ? Saya kira perubahan positif diperlukan dan itu menjadi tugas bersama.

Saya berpikir, bagaimana jika Pemda berinisiatif membangun perpustakaan yang digabungkan dengan museum, sehingga keduanya dapat bersinerji menjadi magnet penting di KP. Jika mungkin ya menjadi salah satu Ikon KP yang stratejik untuk mengembangkan SDM KP. Dalam kajian tentang arsitektur perpustakaan, sudah lumrah sebuah perpustakaan bergabung dengan fasilitas lain menjadi bangunan hybrid yang sangat menarik !

Perpustakaan dan Museum jelas menyandang peran penting dalam mencerdaskan bangsa, dan jika ditata dengan cerdas dan kreatif serta mau menjadi bagian dari masyarakat global berbasis teknologi infornasi tentu akan sangat mendorong kemajuan SDM KP. Anak-anak kita bisa rekreasi sambil belajar di tempat itu, bahkan bisa berselancar secara virtual melihat tempat-tempat indah di seluruh dunia tanpa keluar ongkos yang sangat mahal !

Di kota Yogyakarta akan segera dibangun perpustakaan induk yang akan menjadi contoh perpustakaan modern, ia menjadi sebuah perpustakaan hybrid yang menggabungkan fungsi perpustakaan dengan fungsi-fungsi yang lain. Perpustakaan ini akan menjadi magnet besar untuk mendukung DIY sebagai provinsi pendidikan yang diharapkan tercapai 10 tahun ke depan (2020).

KP jangan ketinggalan lagi ya……!

Salam,

Djarot Purbadi


Responses

  1. saya sangat senang dengan info fi situs ini. sebagai orang luar Kulon Progo, membaca info di sini membuat saya sangat tertarik untuk berlibur dan ternyata masih banyak yang berpotensi menjadi tempat wisaTA yang asyik. by the way, saya baca tentang HM maryono, yang merintis pendirian Balai Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat “Herbarium Development Center” yang mampu melestarikan 59 jenis tanaman herbal langka yang di antaranya banyak yang terancam punah di Kulon Progo. apa ada yang mengetahui nomer kontak dan alamatnya.
    terimakasih
    wiwid


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: