Posted by: djarotpurbadi | April 21, 2009

Sekilas Hasil Pertemuan Kalibiru

Alhamdulillah, walaupun hanya dihadiri 4 orang (2 dari perantau: Mas Basuki & Mas Agus Heri sekeluarga, dan 2 orang dari KP: Saya & Mas H. Prasetyo) pertemuan di Kalibiru dapat berjalan dengan lancar… walaupun maaf Mas Bas dan Mas Agus …. saya terpaksa harus sambil tiduran karena sakit dan kelelahan… (ini saja belum sembuh)…

Pertemuan yang direncanakan akan membahas Konsep Pemberdayaan di KP dan Konsep Menghutankan KP terpaksa harus berubah menjadi Sarasehan, karena warga di Kalibiru dan sekitarnya (yang hadir + 50 orang, 100% adalah petani lahan kritis) sangat antusias menghadiri pertemuan tsb, dengan harapan akan muncul alternatif baru bagi pengentasan kehidupan mereka yang selama ini masih hidup dalam kondisi kurang beruntung (bukan miskin).

Beberapa hal yang saya tangkap dari hasil pertemuan tersebut antara lain:

1. Masyarakat siap melakukan kerjasama penanaman tanaman kayu (jati: solomon) selama tanaman tersebut memiliki nilai ekonomis yang menguntungkan bagi mereka. Untuk hal ini ada beberapa catatan yang harus kita terjemahkan, khususnya masalah mekanisme kerjasamanya, karena menyangkut investasi jangka panjang yang mungkin petani tersebut (yang menanam) dan pihak “investor” belum tentu bisa menikmati hasil panen tanaman tersebut. Dan perlu diingat bahwa MENGHUTANKAN TIDAK HARUS MENEBANG!!

2. Petani Hutan di Kulon Progo yang tergabung dalam Komunitas Lingkar sangat berharap adanya support-support dari parapihak berkaitan dengan upaya pemanfaatan jasa lingkungan Hutan Kemasyarakatan dalam bentuk Wisata Alam yang mereka kelola, agar memiliki nilai ekonomis bagi para pengelola hutan dan masyarakat sekitar hutan tersebut.
Hal yang dibutuhkan meliputi:

a. Promosi Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan Kalibiru

b. Pengembangan industri kecil skala rakyat sebagai pendukung Wisata Alam

c. Pengembangan Usaha Sektor Peternakan sekaligus pendukung wisata pendidikan (maklum sekarang ini mulai banyak anak-anak yang tidak tahu bentuk sapid dan kambing).

Demikian sekilas info…
____________ __

Terima kasih Pak Cahyo, walaupun datang pada siang harinya, tetapi telah mampu memberikan motivasi kepada masyarakat di Kalibiru… Terima kasih masukannya, nanti segera kita tindaklanjuti…
____________ __

Menyambung gagasan Mas Agus Triantara, kalau diperkenankan untuk tahap awal saya mencoba untuk menjembatani keinginan teman-2 MWK yang berkeinginan untuk membantu para petani di KP khususnya di Kalibiru dan sekitarnya agar betul-betul mampu menjadi kawasan yang mandiri, sehingga akan menjadi model pengembangan masyarakat yang berwawasan lingkungan.

Silakan kalau yang berkesempatan datang ke Kalibiru, kalau mau menyumbangkan apa saja, baik bibit tanaman, dana, atau mungkin sumbangan pemikiran bias langsung menemui saya atau petani di sana. Bagi yang ingin memberikan sumbangan kepedulian sementara bisa transfer ke rekening saya di:

BANK BCA KCP WATES

No. Rek. 8025006654

A.N. AHMAD SYUHAIMI

Mohon setelah transfer konfirmasi saya lewat SMS ke nomor hp saya: 081328086888

Dari transfer tersebut, akan kita pindahkan ke rekening di BMT Dana Mandiri di Wates yang dikelola oleh Mas Arifin. Setelah terkumpul mestinya akan dikemas dalam bentuk program yang berkelanjutan (tidak seperti BLT=pakai habis).

Terima kasih.

Harapan:

Saya sangat berharap, keberadaan MWK, Bakor PKP, dan bentuk organisasi perantau Kulon Progo lainnya betul-betul dapat dirasakan keberadaanya oleh masyarakat Kulon Progo yang masih belum beruntung.

Mudah-mudahan segala macam kritik baik terhadap Caleg/Aleg dan Pemerintah yang selama ini kita lakukan tidak membuat kita “sama” dengan mereka…. Lebih baik berbuat walau sekecil apapun, tetapi nyata, daripada memberikan banyak hal, tetapi hanya wacana dan angka-angka….

Salam,
AHMAD SYUHAIMI


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: